Masalah Bertambahnya Berat Badan Ketika Berhenti Merokok

2:36 PM Unknown 0 Comments


Sebelum membulatkan tekad untuk berhenti merokok, pastikan anda tahu semua efek samping nya. Hal ini untuk mempersiapkan perubahan-perubahan pada tubuh seperti perubahan detak jantung, aliran darah dan lain-lain.

Salah satu efek yang banyak di khawatirkan oleh banyak orang ketika berhenti merokok adalah bertambahnya berat badan. Padahal, kalau di pikirkan, hal tersebut bukanlah masalah besar karena merokok jauh lebih berbahaya ketimbang berat badan yang bertambah.

Masalah Bertambahnya Berat Badan Ketika Berhenti Merokok


Mengapa dengan berhenti merokok, berat badan dapat bertambah?

  • Nikotin yang terkandung didalam rokok dapat membatasi selera makan sehingga setelah berhenti merokok selera makan akan bertambah.

  • Nikotin dapat merusak indera perasa. Setelah Anda menjauhi nikotin, makanan akan terasa lebih nikmat dan menggugah selera.

  • Nikotin dapat membakar kalori lebih cepat. Jadi saat Anda tidak lagi merokok, pembakaran kalori akan berjalan lambat.
Mengapa seseorang harus berhenti merokok jika akibatnya berat badannya akan terus bertambah?
  1. Berat badan yang bertambah beberapa kg dapat lebih mudah untuk diatasi. Tapi, jika mengulur-ulur waktu untuk berhenti merokok, kerusakan pada paru-paru akan meningkat dan lebih sulit diatasi.

  2. Dengan segera berhenti merokok, semakin kecil risiko Anda terkena serangan jantung dan berbagai jenis kanker (terutama paru-paru).

  3. Keluarga dan orang-orang disekitar Anda akan terhindar dari bahaya perokok pasif.

  4. Anda akan mendapat tabungan ekstra dengan tidak membeli rokok lagi.

  5. Atur asupan Anda agar berat badan tidak terus naik, misalnya makan dalam porsi kecil beberapa kali dalam sehari. Ganti camilan Anda dengan buah-buahan atau sayuran dan olahraga dengan teratur.

Sebagai bonus, selain memperbaiki kesehatan, berhenti merokok juga dapat memperbaiki penampilan Anda. Wajah akan lebih bersih tanpa jerawat, kulit wajah menjadi lebih kencang, nafas terasa lebih segar, warna kuku dan jari juga akan kembali bersih seperti semula.

0 comments: