Dampak Mengerikan Rokok Pada Tubuh

8:22 AM Unknown 0 Comments

Semua orang pasti sudah tahu dampak negatif dari rokok. Bukan hanya untuk kesehatan, namun juga berdampak pada mental dan keuangan. Namun, sampai saat ini, masih banyak perokok, dan jumlahnya semakin banyak tiap tahunnya.

Dalam segi kesehatan, efek rokok sangat banyak mempengaruh sistem tubuh kita. Hal ini dikarenakan zat-zat berbahaya yang terkandung dalam rokok tersebut. Mulai dari Nikotin, Tar, Karbon Monoksida dan masih banyak lagi.

Dampak Mengerikan Rokok Pada Tubuh


Berikut adalah beberapa pengaruh rokok pada organ tubuh anda.

  • Paru-paru.

    Para perokok beresiko terserang Paru Obstruktif Kronik (PPOK), yaitu penyakit progresif yang berdampak membuat seseorang sulit bernapas. Banyak perokok tidak menyadari ketika terserang penyakit ini dan ketika mereka sadar semua sudah terlambat. Tidak ada obat untuk penyakit yang satu ini dan tidak ada cara untuk memperbaiki kerusakan yang diakibatkanya.

  • Kanker.

    Perokok aktif maupun pasif berpotensi menimbulkan kanker seperti kanker paru, nasofaring, lidah sampai lambung. Kanker lambung bisa terjadi disebabkan asap rokok itu sebagian tertelan dan merusak sel-sel selaput lendir di lambung dan mengubahnya menjadi sel kanker

  • Jantung.

    Perokok juga akan rentan terkena penyakit jantung dan stroke. Hal ini disebabkan oleh karbon monoksida dari rokok mengambil oksigen pada darah dan berdampak pada pengembangan kolesterol yang mengendap di dinding arteri.

  • Diabetes.

    Merokok meningkatkan resiko terjadinya diabetes, menurut Cleveland Clinic. Rokok juga bisa naik menyebabkan komplikasi dari diabetes, seperti penyakit mata, penyakit jantung, stroke, penyakit pembuluh darah, penyakit ginjal dan masalah kaki.

  • Menimbulkan Kebutaan.

    Seorang yang merokok menimbulkan meningkatnya resiko degenerasi makula yaitu penyebab kebutaan yang dialami orang tua. Dalam setudi yg diterbitkan dalam 'Archives of Ophthalmology' pada tahun 2007 menemukan yaitu orang merokok empat kali lebih mungkin dibanding orang yang bukan perokok untuk mengembangkan degenerasi makula, yg merusak makula, pusat retina, dan menghancurkan penglihatan sentral tajam.

  • Penyakit mulut.

    Penyakit mulut yang disebabkan oleh rokok antara lain kanker mulut, kanker leher, penyakit gigi, penyakit pada gigi dan nafas.

  • Gangguan Janin.

    Merokok berakibat buruk terhadap kesehatan reproduksi dan janin dalam kandungan dan kehamilan, termasuk infertilitas (kemandulan), keguguran, kematian janin, bayi lahir berberat badan rendah, dan sindrom kematian mendadak bayi.

0 comments: