Tips Jitu Terbebas Dari Jeratan Rokok

8:43 AM Unknown 0 Comments

Bagi anda yang sudah terbiasa merokok selama bertahun-tahun, mungkin tidak mudah untuk berhenti begitu saja. Namun, semua itu bukan hal yang tidak mungkin jika anda mempunyai tekad yang kuat dan tips jitu untuk terbebas dari jeratan rokok. Kesampingkan dulu bayangan-bayangan negatif seperti stres, kegemukan dan lainnya. Ingat berbagai manfaat yang anda dapatkan jika benar-benar terbebas dari jeratan rokok.

Tips Jitu Terbebas Dari Jeratan Rokok


Untuk anda yang ingin memulai berhenti merokok, coba terapkan beberapa tips ini.

  • Fokus pada manfaatnya. Banyak sekali manfaat kesehatan yang akan Anda rasakan ketika berhenti merokok, seperti yang disebutkan di atas, menghindarkan orang-orang yang Anda cintai dari penyakit akibat menjadi perokok pasif, dan menghemat uang tentunya.

  • Tetapkan tanggalnya. Perlu ada tanggal pasti kapan Anda mulai melakukannya, meski ada saja hambatan ketika Anda mulai mencobanya, seperti stres. Stres merupakan hambatan terbesar yang akan Anda alami ketika memutuskan untuk berhenti merokok. Jadi ketika sudah mendekati tanggal, Anda harus siap secara mental dan emosional. Ingat, jangan menundanya lagi. Makin cepat Anda memulai, maka makin panjang usia Anda.

  • Minta dukungan. Utarakan niat baik ini kepada orang-orang terdekat, seperti pasangan, keluarga, dan sahabat. Mereka yang peduli kepada Anda pasti akan mendukung Anda untuk hidup sehat dan dukungan itu akan sangat berarti. Anda bisa juga mengajak sesama perokok untuk berhenti bersama-sama. Dengan demikian, Anda bisa saling mendukung hingga benar-benar lepas dari rokok.

  • Jalani pengobatan medis. Konsultasikan keinginan Anda untuk berhenti merokok kepada dokter. Biasanya langkah medis yang digunakan untuk mengatasi ini adalah terapi pengganti nikotin (NRT). Efek nikotin bisa Anda dapatkan dari permen karet atau tablet isap yang semuanya mengandung nikotin.

  • Gerakkan tubuh. Selain membuat tubuh menjadi sehat, aktif bergerak bisa mengalihkan serta mengurangi keinginan Anda untuk merokok. Anda bisa lari mengelilingi komplek rumah Anda, lompat tali, sit-up atau olahraga lainnya yang bisa dilakukan tanpa perlu persiapan khusus. Mengerjakan pekerjaan rumah tangga juga bisa Anda lakukan, seperti menyapu, mengepel lantai, atau menyirami tanaman. Ketika hasrat merokok muncul di kantor, Anda bisa mengalihkannya dengan beranjak dari kursi lalu berjalan-jalan ke luar ruangan, naik-turun tangga, atau olahraga ringan seperti lari di tempat.

  • Selalu siapkan permen di kantong. Ketika hasrat itu datang, kunyahlah sesuatu, seperti permen. Hal ini bisa membantu Anda untuk tidak merokok.

  • Hindari semua pemicu. Hindari segala hal yang memicu Anda untuk merokok, seperti berkumpul bersama teman-teman yang perokok. Hindari pula tempat-tempat yang kira-kira dipenuhi oleh perokok. Singkirkan pula semua rokok atau asbak di rumah Anda.

  • Katakan tidak pada rokok. Ketika Anda memutuskan untuk berhenti merokok, cobalah untuk mendisiplinkan diri. Mungkin sesekali Anda tergiur untuk merokok dan berkata, “Satu batang saja tidak masalah.” Sebaiknya jauhkan pikiran tersebut. Mengisap rokok meski hanya sebatang bisa memicu Anda untuk terus-menerus mengisap sebatang rokok lagi dan lagi.


Jadikan kehidupan Anda lebih berkualitas dengan terbebas dari rokok. Berhenti merokok jangan ditunda-tunda lagi, mulai lakukan dari sekarang.

0 comments: